Sabtu, 30 Oktober 2010

penerapan manajemen dalam kehidupan mahasiswa

 PENDAHULUAN

Bagi seorang mahasiswa manajemen sangat berperan serta demi kelangsungan kehidupan kemahasiswaanya.Hal itu tampak , misal dalam memenejemen waktu : belajar , maen , maupun dalam kampus sekalipun.Apabila dalamkehidupan kemahasiswaan kita tidak dapat membagi dengan adil , mungkin waktu kita akan terbuang sia-sia tanpa tujuan yang jelas arahnya.

Seperti telah kita ketahui sebelumnya , manajemen yang bijak akan dapat menghasilkan kepuasan baik dalam segi hasil ataupun dalam segi waktu . Misal , sejak kelas 3 SMA , Herdi sudah berencana melanjutkan kuliah di Universitas GUNADARMA.Ia berencana mengambil D3 M.I. , Tentu dengan manajemen yang bagus , bijak , Andi dapat lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan juga . Tetapi sebaliknya jika manajemen tidak diterapkan dalam kehidupanya , mustahil hal itu dapat terjadi.
Berikut ini sediket penjelasan tenteng “penerapan mmanajemen dalam kehidupan mahasiswa :

 ISI

Penerapan manajemen yang ada pada kehidupan mahasiswa diantaranya :
A. Keterampilan manajemen waktu , merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang mahasiswa untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana.
B. Keterampilan manajemen perencanaan
Merupakan keterampilan yang dilakukan mahasiswa untuk dapat merencanakan apa yang bisa menjadi motivasi untuk mencapai suatu masa depan atau tujuannya agar tidak salah jalan.
C. Keterampilan manajemen pengorganisasian
Merupakan keterampilan yang dilakukan mahasiswa untuk dapat membagi setiap atau menjadwalkan kegiatan secara bijaksana .
D. Keterampilan manajemen pengarahan , keterampilan manajemen yang dilakukan mahasiswa dalam mengarahkan atau menempatkan sesuatu hal secara bijaksana .
Fungsi-fungsi manajemen dijelaskan dalam beberapa point di bawah, yaitu :


1. Louis Allen :
-Planning (merencanakan)
- Organizing (Menyusun)
- Leading (Memimpin)
- Controlling (Mengawasi/meneliti)
2. Harold Koontz dan Cyril O’Donnell :
- Planning (Perencanaan)
- Organizing (Pengorganisasian)
- Staffing (Penyusunan Pegawai)
- Directing (Pengarahan)
- Leading (Memimpin)
- Controlling (Pengendalian)
3. Luther Gulick :
-Planning (Perencanaan)
- Organizing (Pengorganisasian)
-Staffing (PenyusunanPegawai)
- Directing (Pengarahan)
- Coordinating (Pengkoordinasian)
-Reporting (Pembuatan laporan)
- Budgeting (Penganggaran)
4. George R. Terry :
- Planning (Perencanaan)
- Organizing (Pengorganisasian)
- Actuating (Pelaksanaan)
- Controlling (Pengendalian)

 KESIMPULAN

Dari ulasan diatas nampak jelas kehidupan mahasiswa sangat erat kaitanya dengan manajemen , jadi hdup tanpa manajemen bagi sayur tanpa garam. Nampaklah jelas bahwa manajemen sangatlah berpengaruh besar terhadap kehidupan mahasiswa, terutama jika berorganisasi. Bukan hanya berorganisasi, tapi dalm kehidupan sehari-hari pun segala jenis dan macam manajemen baik itu manajemen waktu, manajemen pengetahuan, dan lain-lain akan sangat bermanfaat bila diimplementasikan secara tepat pada sasarannya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar